Perwakilan STPP Kementan Se-Indonesia Kunjungi Sekolah Pertanian Tertua

By Admin


nusakini.com - Sebanyak 35 Orang peserta yang terdiri dari perwakilan SekoahTinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) dibawah Kementerian Pertanian (Kementan) seIndonesia dan Pejabat maupun Staf Pusat Pendidikan Pertanian melakukan kunjungan ke STPP Bogor pada Kamis Pagi.

Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pusdiktan Dr.Teddy Rachmat Muliady,MM mewakili Kepala Pusat Pendidikan Pertanian bertujuan untuk melakukan simulasi secara langsung audit mutu internal secara professional, independen dan objektif, serta mampu mengidetifikasi lingkup perbaikan dan mengembangkan secara berkelanjutan “kami berkunjungke STPP Bogor untuk dapat mempertajam apa yang sudah di dapat dalam Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan”. Wakil Ketua I BidangAkademik STPP Bogor, Dr. Drs Lukman Effendy, M.Si mewakili Ketua STPP Bogor menyambut baik para perwakilan STPP seIndonesia. 

Salah satu nara sumber dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Dr. Leni Sophia Heliani, S.T, M.Sc yang menjabat sebagai Kabag Penjaminan Mutu Pendidikan, Kantor Jaminan Mutu (KJP) UGM mendampingi para perserta berkeliling area STPP Bogor.Lembaga pertaniantertua di Indonesia ini berdiri sejak tahun 1876 didirikan oleh DR. CGC.Reinwardt pada masa Kolonial Belanda. STPP Bogor mengalami perkembangan kelembagaan sejak tahun 1903, mulai dari Sekolah Pertanian, MLS, SPMA, SPMT, SPP-SPMA, Diklat Ahli Penyuluhan Pertanian, Akademi Penyuluhan Pertanian, hingga SekolahTinggiPenyuluhan Pertanian (STPP). Berdiri di lahan seluas 65,5 ha berlokasi di KampusCibalagung (Koga Bogor) untuk Prodi Penyuluhan Pertaniandan KampusCinagara (Kab. Bogor) untuk Prodi Penyuluhan Peternakan. 

“Kita mendapatkan banyak pembelajaran dari kunjungan ke STPP Bogor karena STPP Bogor merupakan salah satu sekolah tinggi penyuluan pertanian yang cukup baik sehingga apa yang kami dapatkan disini bisa diterapkan di daerah kami untuk meningkatkan sekolah penyuluhan pertanian menjadi sekolah yang lebih bermutu” Ujar peserta asal STPP Manokwari Papua Barat, Ir. La Hambui Semahu. MP 


Kunjungan kali ini adalah bagian dari Kegiatan Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan dilaksanakan di Hotel Salak Tower Bogor pada tanggal 9 sampai 14 Oktober 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui Pusat Pendidikan Pertanian. Dihadiri oleh perwakilan STPP Bogor, STPP Medan, STPP Magelang, STPP Malang, STPP Gowa, STPP Manokwari dan Pejabat maupun Staf Pusat Pendidikan Pertanian serta menghadirkan narasumber dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. 

Setelah melakukan Workshop ini Pusat Pendidikan Pertanian langsung menindaklanjuti dengan melakukan monitoring dan evaluasi keseluruh STPP dengan menggunakan instrumen yang mengacu mekanisme Audit Mutu Internal (AMI). (bayu/mk)